Kamis, 16 Agustus 2018

Cacing tanah

Cacing tanah yaitu cacing berbentuk tabung dan tersegmentasi dalam filum Annelida. Mereka biasanya ditemukan hidup di tanah, memakan bahan organik hidup dan mati. Cara pencernaan berjalan lewat panjang tubuhnya. Cacing tanah menjalankan respirasi lewat kulitnya. Cacing tanah mempunyai metode transportasi ganda terdiri dari cairan selom yang bergerak dalam selom yang berisi cairan dan metode sirkulasi darah tertutup simpel. Mempunyai metode syaraf sentra dan perifer. Cara syaraf sentra terdiri dari dua ganglia atas mulut, satu di kedua sisi, terhubung ke tali syaraf berlari kembali sepanjang panjangnya ke neuron motor dan sel-sel sensorik di tiap-tiap segmen. Sejumlah besar kemoreseptor terpusat di dekat mulutnya. Otot melingkar dan longitudinal di pinggiran tiap-tiap segmen memungkinkan cacing untuk bergerak. Set yang sama otot garis usus, dan perbuatan mereka memindahkan makanan mencerna menuju dubur cacing.

Cacing tanah yaitu hermafrodit - masing-masing individu membawa kedua organ seks pria dan wanita. Mereka tak mempunyai kerangka internal atau eksoskeleton, tapi mempertahankan struktur mereka dengan ruang coelom cairan yang berfungsi sebagai rangka hidrostatik.

\\\"Cacing tanah\\\" yaitu nama lazim untuk member terbesar dari Oligochaeta (yang yakni kelas atau upakelas tergantung pada penulis). Dalam metode klasik, mereka ditempatkan dalam ordo Opisthopora, atas dasar pori-pori jantan membuka posterior ke pori-pori betina, walaupun segmen jantan internal anterior ke betina. Studi kladistik teoretis sudah menempatkan mereka, sebaliknya, dalam subordo Lumbricina dari ordo Haplotaxida, tapi ini mungkin lagi langsung berubah.

Cacing tanah darat yang lebih besar juga disebut megadriles (atau cacing besar), yang bertentangan dengan microdriles (atau cacing kecil) di familia semiakuatik Tubificidae, Lumbriculidae, dan Enchytraeidae, antara lain. Megadriles ditandai dengan mempunyai klitelum yang berbeda (yang lebih luas ketimbang microdriles) dan metode vaskular dengan kapiler benar.

Cacing tanah jauh lebih melimpah di lingkungan terganggu dan lazimnya aktif cuma kalau air hadir.

2 komentar: